STUDI LITERATUR: PENGARUH MODEL MULTILITERASI INVESTIGASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS

  • Meilinda Nur Kamaliah Universitas Majalengka
  • Yuyun Dwi Haryanti Universitas Majalengka
Keywords: model multiliterasi investigasi, pemahaman konsep IPS

Abstract

Mengangkat satu masalah; Rendahnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian- peneltian yang telah dilakukan menunjukan bahwa Salah satu faktor penyebab nya karena penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai atau yang masih konvensional. Perlunya keterbaruan penggunaan model pembelajaran guna meningkatkan hasil dari proses belajar mengajar karena pendidikan sangat berperan penting dalam menghadapi persaingan dunia saat ini yang semakin ketat. Pemahaman konsep IPS merupakan kemampuan untuk memahami makna dalam mempelajari, menelaah, menganalisis gejala, dan masalah sosial. Pemahaman dalam pembelajaran IPS tidak hanya sekedar dilakukan dengan membaca tetapi mengetahui langsung masalah maupun gejala sosial yang ada di masyarakat. Salahsatu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model multiliterasi investigasi yang dimaknai sebagai kegiatan menyelidiki langsung berbagai sumber data baik berupa lokasi, peristiwa maupun sumber data kepustakaan. Dalam tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  model multiliterasi investigasi terhadap pemahaman konsep siswa pada pemebelajaran IPS.

Published
2020-11-11
How to Cite
Kamaliah, M. N., & Haryanti, Y. D. (2020). STUDI LITERATUR: PENGARUH MODEL MULTILITERASI INVESTIGASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 216-221. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/324