PENGARUH METODE REAP (READ, ENCODE, ANNOTATE, PONDER) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR

  • Shinta Sri Mushafaah Universitas Majalengka
  • Ani Rosidah Universitas Majalengka
Keywords: metode REAP, keterampilan membaca pemahaman

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca pemahaman siswa SDN Cibodas 1 Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka. Metode REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder) mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan pembaca memahami bacaan dengan cara menyintesiskan ide-ide pengarang ke dalam kata-katanya sendiri sehingga dengan penerapan metode ini pembaca bisa lebih memahami bacaan yang di baca. Kemampuan membaca pemahaman adalah kemampuan untuk menemukan isi dari suatu bacaan, dengan memahami bacaan maka pembaca akan mengerti tujuan apa yang di sampaikan penulis pada bacaan tersebut. Penelitian ini dilakukan pada kelas V SDN Cibodas 1 Majalengka yang berjumlah 22 siswa dan dilakukan dengan cara observasi serta kajian literatur.

Published
2020-11-11
How to Cite
Mushafaah, S. S., & Rosidah, A. (2020). PENGARUH METODE REAP (READ, ENCODE, ANNOTATE, PONDER) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 245-250. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/328