PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

  • Suci Hadianti Dewi Universitas Majalengka
Keywords: Model Pembelajaran Treffinger, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di Sekolah Dasar. Berpikir kreatif matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki siswa untuk menyelesaikan berbagai permasalahan, baik masalah matematis maupun masalah yang terkait dalam kehidupan dengan beragam cara penyelesaian. Kemampuan berpikir kreatif di lapangan nyatanya masih kurang dimiliki oleh siswa yang disebabkan model pembelajaran yang diterapkan masih belum dapat mengoptimalkan berkembangnya proses berpikir kreatif siswa. Dari penyebab tersebut menduga bahwa peggunaan model pembelajaran memiliki pengaruh yang sangat besar. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan model pembelajaran Treffinger. Treffinger merupakan model pembelajaran yang melibatkan keterampilan kognitif dan afektif pada setiap tingkat. Pada penelitian ini melakukan kajian apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur atau studi kepustakaan. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa 1) model pembelajaran yang digunakan oleh guru belum sesuai, 2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sekolah dasar tergolong rendah, 3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Model Treffinger memberikan efek positif terhadap meningkatnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Sikap rasa ingin tahu siswa terhadap pembelajaran matematika mendapat respon yang sangat positif sehingga tercapai prestasi belajar yang baik.

Published
2020-11-11
How to Cite
Dewi, S. H. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 251-261. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/329