PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN JASMANI SUARA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN JALAN PADA SISWA TUNANETRA

  • Ali Priyono Universitas Majalengka
  • Dewi Laelatul Badriah Universitas Majalengka
  • Deny Sanjaya Kartadilaga Universitas Majalengka
Keywords: Media Pembelajaran Jasmani Suara, Jalan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan jalan siswa tunanetra di SLB A YPLB-TD Majalengka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran jasmani suara terhadap keterampilan jalan siswa tunanetra SLB A YPLB-TD Majalengka. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain Quasi experimental Reasearch (one-grup pre-test post-test design), intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah rubrik penilaian keterampilan jalan. Pemberian treatment menggunakan media pembelajaran jasmani suara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa tunanetra di SLB A YPLB-TD Majalengka yang berjumlah 21 orang. Dan pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive, yaitu 8 orang siswa tunanetra. Berdasarkan hasil analisis uji t, data yang diperoleh dari output SPSS 21 diperoleh T-hitung (3,378) > T-tabel (2,447) jika dilihat dari signifikansinya, bahwa nilai sig. Sebesar (0,015) < 0,05. Karena nilai sig. kurang dari (0,05) dan T-hitung lebih besar dari T-tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima.Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran jasmani suara terhadap ketermpilan jalan siswa tunanetra SLB A YPLB-TD Majalengka. Disarankan oleh peneliti untuk dapat mengadakan penelitian pengembangan tentang keterampilan jalan siswa tunanetra menggunakan media pembelajaran jasmani dengan modifikasi media suara yang berbeda, dan menerapkannya dalam populasi dan sampel yang berbeda.

Published
2020-11-11
How to Cite
Priyono, A., Badriah , D. L., & Kartadilaga, D. S. (2020). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN JASMANI SUARA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN JALAN PADA SISWA TUNANETRA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 314-321. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/336