MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MODEL KNOW, WANT, LEARNED DI SEKOLAH DASAR

  • Andini Tri Komaladewi Universitas Majalengka
  • Roni Rodiyana Universitas Majalengka
Keywords: Model KWL, Karangan Narasi, Bahasa Indonesia

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar. Pembelajaran bahasa Indonesia sangat penting diajarkan kepada peserta didik sebab bahasa merupakan alat komunikasi yang mampu mengarahkan peserta didik berkomunikasi dengan baik. Oleh sebab itu, siswa harus dibekali dengan pengetahuan tentang keterampilan berbahasa yang baik sehingga mampu berkomunikasi mengungkapkan pikiran, perasaan, dan gagasan secara lisan maupun tulisan.Namun pembelajaran bahasa Indonesia dipandang kurang menarik sehingga mengakibatkan rendahnya minat, motivasi, respon serta antusias siswa dalam mengikuti pembalajaran bahasa Indonesia di sekolah, yang disebabkan oleh keterampilan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang salah satunya tanpa menggunakan model pembelajaran. Salah satu alternatif untuk menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam menulis karangan narasi adalah dengan menggunakan model Know, Want, Learned (KWL). Model KWL adalah cara membuat siswa berfikir tentang apa yang diketahui, apa yang ingin diketahui, dan apa yang dipelajari, sehingga memudahkan dalam mengembangkan sebuah karangan narasi.Dengan demikian tujuan pembelajaran akan tercapai apabila guru mampu menggunakan model pembelajaran dengan baik.

Published
2020-11-11
How to Cite
Komaladewi, A. T., & Rodiyana, R. (2020). MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MODEL KNOW, WANT, LEARNED DI SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 331-339. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/338