PENERAPAN MODEL WRITE AROUND UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Ari Herianti Universitas Majalengka
  • Roni Rodiyana Universitas Majalengka
Keywords: Pembelajaran IPS, Write Around, Hasil Belajar

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPS di setiap jenjang pendidikan masih dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan termasuk dijenjang pendidikan di Sekolah Dasar. Guru sebagai pendidik di sekolah dasar harus mampu membekali pengetahuan, nilai, dan sikap keterampilan kepada peserta didik agar peserta didik mampu bertanggung jawab dan berkarakter. Untuk menciptakan suasana belajar yang di senangi siswa, guru perlu melakukan suatu inovasi. Salah satunya dengan cara memilih pembelajaran yang menarik dan mempermudah proses pembelajaran agar hasil belajar siswa meningkat data yang didapatkan oleh peneliti di kelas V SDN Sidamukti I dengan wali kelas ibu Meli pada tanggal 03 Februari 2020 diperoleh informasi yang menyatakan bahwa hasil belajar siswa yang rendah dalam muatan pelajaran IPS mencakup tiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelasĀ  yang mengacu pada model Kemiis dan Mc Taggart. Hasil utama yang diharapkan adalah penerapan model Write Around dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
2020-11-11
How to Cite
Herianti, A., & Rodiyana, R. (2020). PENERAPAN MODEL WRITE AROUND UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 340-347. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/339