PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS

  • Gugun Gunawan Rifqi Universitas Majalengka
  • Roni Rodiyana Universitas Majalengka
Keywords: Pembelajaran IPS, mind mapping, hasil belajar, berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi masih rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada Pembelajaran IPS , penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas IV SDN Payung I melalui model mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti bekerjasama dengan guru kelas IV SDN Payung I  sebagai observer. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang akan digunakan sebagai hasil tes sebagai data primer dan hasil observasi serta dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes akhir setiap siklus dan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi setiap siklus. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini pembelajaran dengan menggunakan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS serta penerapan mind mapping dapat dijadikan alternatif sebagai upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis  siswa.

Published
2020-11-11
How to Cite
Rifqi, G. G., & Rodiyana, R. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 398-404. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/347