PENERAPAN METODE BRAIN WRITING UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS PUISI

  • Hanifa Azzahra Rusyandi Universitas Majalengka
  • Roni Rodiyana Universitas Majalengka
Keywords: Brain Writing, Menulis, Pembelajaran Puisi

Abstract

Menulis merupakan bentuk konkret dari penuangan ide dan gagasan yang dimiliki siswa. Melalui tulisan tersebut, siswa mampu memahami hasil pemikirannya terhadap suatu hal. Menulis adalah suatu aspek yang wajib diketahui dan mampu dikuasi oleh siswa, sehingga siswa dapat menuliskan sebuah karang yang salah satunya adalah tentang menuliskan sebuah karangan puisi serta dalam penulisan puisi harus juga bisa berfikir kreatif sehingga menciptakan karya yang berbeda dengan tulisan yang lain, sedangkan menulis dengan kreatif di sekolah dasar belum diimbangi dengan hasil menulis kreatif yang baik. Namun banyak kendala pada siswa dalam penulisan puisi, di mana siswa tidak tahu apa yang harus dilakukan, tidak tahu apa yang harus dituliskan dan lain sebagainya, dengan beberapa permasalahan yang terjadi dibutuhkan suatu strategi yang mampu menyokong siswa untuk mengarang atau menulis sebuah puisi dengan menggunakan metode brain writing, metode brain writing adalah suatu metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk menuangkan sebuah ide atau gagasan pada selembar kertas kemudian diserahkan kepada anggota lain dalam kelompok dan mereka harus mencoba untuk meningkatkan atau mengembangkan semua ide lebih lanjut dengan menambahkan ide-ide yang lainnya sedangkan untuk puisi itu sediri adalah serangkaian kata-kata yang indah serta mempunyai arti dalam setiap penyampaiaan katanya. Dengan demikian tujuan pembelajaran akan tercapai apabila guru mampu menggunakan model pembelajaran dengan baik.

Published
2020-11-11
How to Cite
Rusyandi, H. A., & Rodiyana, R. (2020). PENERAPAN METODE BRAIN WRITING UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS PUISI . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 405-411. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/348