PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

  • Mamah Jamaliah Universitas Majalengka
  • Ujiati Cahyaningsih Universitas Majalengka
Keywords: Sertifikasi guru, Prestasi belajar

Abstract

Proses pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan formal di sekolah yang di dalamnya terjadi interaksi antara berbagai komponen seperti kepala sekolah, guru, siswa dan materi pembelajaran. Pembelajaran yang efektif perlu didukung oleh suasana dan lingkungan belajar yang kondusif. Guru  memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan suasana dan lingkungan belajar baik di kelas maupun di luar kelas. Oleh karena itu guru dituntut agar mampu mengelola siswa, mengelola kegiatan pembelajaran, mengelola materi dan sumber-sumber belajar serta membuat rencana pembelajaran. Kinerja kompetensi guru dapat dinilai, diukur, dan diamati. Kompetensi seorang guru dilakukan melalui program sertifikasi yang di tunjuk oleh pemerintah berupa Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Namun kenyataanya dalam bidang pendidikan walaupun guru sudah memiliki kompetensi-kompetensi yang memadai prestasi belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh guru yang sudah sertifikasi terhadap prestasi belajar siswa di sekolah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Kajian literature. Manfaat dari penelitian ini adalah agar guru yang sudah tersertifikasi dapat meningkatkan kinerja dan profesionalitasnya dalam proses pembelajaran sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat. Hasil analisis menunjukan bahwa guru yang telah tersertifikasi memberikan dampak positif pada prestasi belajar siswa.

Published
2020-11-11
How to Cite
Jamaliah, M., & Cahyaningsih, U. (2020). PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 434-440. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/352