PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BEBRBASIS MODEL PJBL UNTUK MENULIS NARASI

  • Reza Muh Faizal Sampurna Universitas Majalengka
Keywords: Bahan ajar, menulis narasi, project based learning

Abstract

Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia terdapat empat keterampilan, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan tersebut harus diajarkan secara seimbang dan merata. Setiap keterampilan itu erat sekali berhubungan dengan tiga keterampilan lainnya dengan cara yang beraneka ragam. Saat ini pembelajaran Bahasa Indonesia diketahui bahwa masih banyak keterampilan menulis peserta didik terbilang masih rendah hal ini dikarena kan siswa kesulitan dalam mencari ide cerita atau mencari topik yang akan diuraikan. Banyak waktu yang dihabiskan oleh peserta didik dalam mencari – cari ide, membahasakan gagasan atau ide ceritanya ke dalam sebuah tulisan Minimnya kosakata siswa juga menjadi pemicu rendahnya keterampilan menulis hal ini disebabkan rendahnya minat membaca. Di samping itu minim nya bahan ajar yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam menemukan ide cerita. Guru perlu mengembangkan bahan ajar dan penggunaan Project Based Learning menjadi salah satu alternatif model pembelajaran.

Published
2020-11-11
How to Cite
Sampurna, R. M. F. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BEBRBASIS MODEL PJBL UNTUK MENULIS NARASI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 470-476. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/356