EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA

  • Umi Hanni Faelani Universitas Sebelas Maret
Keywords: Inkuiri Terbimbing, Discovery Learning, Komponen Model Pembelajaran

Abstract

Model pembelajaran merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kegiatan belajar. Pemilihan model pembelajaran adalah hal yang penting dan harus disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran. Model inkuiri terbimbing dan discovery learning merupakan model yang sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran fisika. Kedua model tersebut memusatkan kegiatan pada siswa. Melalui model inkuiri terbimbing dan discovery learning siswa melalui bimbingan guru mendapatkan pengalaman belajar untuk membangun pengetahuannya sehingga pembelajaran fisika menjadi lebih bermakna dan berarti. Setiap model pembelajaran memiliki karakteristik tersendiri. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui komponen dari kedua model yang meliputi sintak, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dan dampak pembelajaran. Pada tulisan ini dipaparkan pula karakteristik, kelebihan, dan kekurangan masing-masing model pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi pustaka. Penulis berharap pembaca terutama guru fisika dapat mengetahui karakteristik dari kedua model tersebut dan dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing maupun discovery learning dalam kegiatan pembelajaran agar siswa dapat berpartisipasi aktif.

Published
2020-11-11
How to Cite
Faelani, U. H. (2020). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 498-508. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/359