MODEL BELAJAR KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN DALAM KETERAMPILAN MENULIS

  • Agus Rofi’i Universitas Majalengka
Keywords: Keterampilan Menulis, Pembelajaran Kolaboratif, Pembelajaran Kooperatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran naratif melalui model pembelajaran kolaboratif. Pembelajaran Kolaboratif membuat siswa saling bergantung dalam mengejar pengetahuan dan menjadikan proses pembelajaran lebih bermakna dan menarik. Siswa belajar dalam kelompok, mereka tidak akan merasa sendiri dan terisolasi selama istirahat. Pembelajaran kolaboratif memberikan dukungan sosial kepada siswa. Pembelajaran kolaboratif terjadi antara guru dan siswa dan orang lain yang bekerja sama. Salah satu model pembelajaran kolaboratif adalah pembelajaran kooperatif yang dilakukan siswa dalam kelompok kecil. Berdasarkan masalah yang ditunjukkan di atas, bahasa Inggris dikenal sebagai mata pelajaran yang sulit bagi kebanyakan siswa, khususnya secara tertulis. Banyak siswa di sebenarnya hanya tidak menikmati menulis sebagian karena dari sifat tugas, motivasi rendah dan karena keluar dari sekolah. Peneliti harus memberikan kesempatan untuk bekerja di kelompok pembelajaran kooperatif juga dapat menjadi kunci keberhasilan terhadap siswa menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Peneliti mampu memecahkan masalah menulis siswa, terutama dalam meningkatkan keterampilan menulis melalui diskusi kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilaksanakan diskusi kelompok kecil siswa memperoleh manfaat baik dalam keterampilan menulis maupun hubungan sosial dengan teman-temannya sehingga dapat meningkatkan perilaku dan keterampilan menulisnya.

Published
2020-11-11
How to Cite
Rofi’i, A. (2020). MODEL BELAJAR KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN DALAM KETERAMPILAN MENULIS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 509-525. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/360