MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT

  • Hermina Simatupang Universitas Jambi
  • Eli Susanti STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Hendra Zeki STAI Acprilesma Indonesia
  • Novita Sari UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Regina Restu Cicilia Universitas Batanghari Jambi
  • Tuti Painah Universitas Terbuka, Tangerang Selatan
Keywords: Tanggung jawab, team game tournament

Abstract

Tanggung jawab belajar merupakan salah satu karakter yang perlu dimiliki oleh siswa karena siswa akan mampu menerima dan melakukan semua konsekuensi kegiatan dalam belajar. Namun, tanggung jawab belajar siswa kelas VB SDN 55/I Sridadi rendah, terbukti dengan hasil pengamatan yang didapat bahwa mereka sering tidak mengerjakan tugas atau latihan dan sering mengobrol saat pembelajaran sedang berlangsung. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan tanggung jawab belajar pada siswa kelas VB di SDN 55/I Sridadi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus melalui observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan tanggung jawab belajar siswa, dimana sebelum diberikan tindakan sebesar 48,39% siswa yang memperoleh predikat baik. Setelah diberikan tindakan pada siklus I sebesar 61,29% dan siklus II sebesar 77,42% yang memperoleh predikat baik, dikatakan berhasil karena mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 75%. Sudah banyak peneliti yang meneliti tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT diantaranya oleh Silfiani (2019), Kusuma et al. (2018) dan Stevi et al. (2017), namun penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa masih jarang dijumpai.

Published
2020-11-11
How to Cite
Simatupang, H., Susanti, E., Zeki, H., Sari, N., Cicilia, R. R., & Painah, T. (2020). MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 585-598. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/368