PERANAN VIRTUAL LABORATORY DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

  • Ipin Aripin Universitas Majalengka
  • Yeni Suryaningsih Universitas Majalengka
Keywords: Virtual Laboratory, Pembelajaran Biologi

Abstract

Penelitian ini merupakan artikel review tentang peranan virtual laboratory dalam pembelajaran biologi. Penggunaan ICT dalam dunia pendidikan menunjukkan peningkatan yang signifikan salah satunya penggunaan teknologi komputer untuk mensimulasikan kegiatan praktikum dikenal dengan istilah virtual laboratory (VL). VL sendiri merupakan lingkungan belajar virtual yang interaktif untuk mensimulasikan praktikum di laboratorium nyata melalui komputer. Penggunaan VL memiliki keunggulan seperti hemat biaya, fleksibilitas, multi akses, mudah dalam konfigurasi sistem, meminimalisir perawatan, dan tidak mudah rusak. Di masa pandemik Covid-19 seperti saat ini penggunaan VL sangat membantu guru dan siswa untuk melakukan simulasi praktikum yang tidak dapat dilakukan secara langsung. Banyak sekali manfaat penggunaan VL dalam pembelajaran biologi seperti dapat mensimulasikan hal abstrak dalam praktikum riil, meningkatkan kualitas eksperimen karena dapat diulang-ulang, meningkatkan efektivitas pembelajaran serta mengurangi resiko kecelakaan saat praktikum nyata.

Published
2020-11-11
How to Cite
Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2020). PERANAN VIRTUAL LABORATORY DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 758-763. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/371