PROFIL KOMPETENSI GURU DALAM MERANCANG, MELAKSANAKAN DAN MENILAI PEMBELAJARAN BERPIKIR KRITIS

  • I Prihastuti Universitas Pendidikan Indonesia
  • A Widodo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Liliasari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Riandi Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Kompetensi guru, pembelajaran, berpikir kritis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang profil kompetensi guru dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran berpikir kritis yang ditinjau berdasarkan gender, tipe skolah, lokasi sekolah usia dan masa kerja. Kompetensi guru diukur dengan menggunakan 42 butir soal pilihan ganda disebarkan secara online melalui grup MGMP IPA di sejumlah daerah seperti Jambi, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawatimur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Sebanyak 82 orang guru yang mengisi instrument secara lengkap dan memenuhi syarat utama yaitu Guru IPA SMP. Guru-guru ini berasal dari sekolah swasta dan negeri dengan usia dan masa kerja yang bervariasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Skor rata-rata untuk kompetensi menilai pembelajaran berpikir kritis adalah yang paling rendah (M=36.04, SD=17.07) dibandingkan rata-rata skor kompetensi merencanakan (M=38.85, SD=17.61 dan melaksanakan pembelajaran berpikir kritis (M=40.09, SD=16.53). Skor rata-rata kompetensi guru yang berasal dari sekolah negeri lebih tingi (M=40.07, SD=14,22) secara signifikan dibandingkan guru yang berasal dari sekolah swasta(M=32.34, SD=9.23). Guru dengan usia 36-45 tahun memiliki skor rata-rata yang lebih tinggi (M=42.69, SD=13.98) dibandingkan dengan guru dengan usia 20-35 tahun dan di atas 45 tahun. Sementara itu, skor rata-rata kompetensi guru tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan berdasarkan gender, dan lokasi asal tempat guru bertugas. Implikasi dari penelitian ini adalah sebagai dasar kebutuhan kegiatan pengembangan profesionalisme guru dalam merancangg, melaksanakan dan menilai pembelajaran berpikir kritis.

Published
2020-11-11
How to Cite
Prihastuti, I., Widodo, A., Liliasari, L., & Riandi, R. (2020). PROFIL KOMPETENSI GURU DALAM MERANCANG, MELAKSANAKAN DAN MENILAI PEMBELAJARAN BERPIKIR KRITIS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 667-679. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/379