PENINGKATAN KARAKTER SISWA MELALUI GERAKAN LITERASI KELUARGA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

  • Antoni Widodo Universitas Negeri Jakarta
  • Aip Badrujaman Universitas Negeri Jakarta
  • Wardani Rahayu Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Literasi, Peningkatan Karakter, Evaluasi Formatif

Abstract

Gerakan Literasi Keluarga (GLK) merupakan sasaran dari Gerakan Literasi Nasional (GLN) dalam upaya penumbuhan budi pekerti sesuai  Permendikbud nomor 23 Tahun 2015, GLK harus dijalankan karena proses belajar mengajar tidak di sekolah akibat pandemi covid-19. Penelitian GLK ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan mengambil data populasi dari keluarga peserta didik di SMP IT Insan Harapan Tangerang Selatan menggunakan teknik wawancara dan kuesioner secara daring. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui keterlaksanaanya GLK melalui evaluasi formatif, dan mengetahui dampak GLK ke dalam nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui evaluasi sumatif. Hasil penelitian menunjukan  GLK masuk ke dalam tahap pengembangan serta belum maksimalnya untuk tahap pembelajaran dan penumbuhan nilai-nilai karakter religius, gotong royong, integritas, nasionalis, dan mandiri  sudah nampak terinternalisasikan kepada peserta didik.

Published
2020-11-11
How to Cite
Widodo, A., Badrujaman, A., & Rahayu, W. (2020). PENINGKATAN KARAKTER SISWA MELALUI GERAKAN LITERASI KELUARGA DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 680-689. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/380