PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET

  • Davi Sofyan Universitas Majalengka
  • Sandra Arhesa Universitas Majalengka
  • Muzoffi Al Fazri Universitas Majalengka
Keywords: Model Kooperatif Learning, Team Games Tournament, Passing, Bola Basket

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar passing bola basket. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model kooperatif learning tipe team game tournament terhadap hasil belajar passing bola basket. Hipotesis penelitian yaitu adanya pengaruh model kooperatif learning tipe team game tournament terhadap hasil belajar passing bola basket. Populasi dengan jumlah 576 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Desain penelitian menggunakan One Group Pretest Posttest. Sampel penelitian dengan jumlah 20 siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes rubrik penilaian passing bola basket yang dilakukan pada tes awal dan akhir. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan SPSS 24. Secara pengulasan data Hasil tes passing  bola basket  sebelum menggunakan model kooperatif   learning tipe  team games tournament  rata-rata nilai keseluruhan yang dicapai siswa sebelum perlakuan yaitu 15.2 dan setelah diberikan perlakuan adanya peningkatkan kemampuan rata-rata passing bola basket  siswa yaitu 16.9. Selain dari hasil rata-rata tes passing  bola basket  siswa, dikuatkan pula dari hasil uji hipotesis nilai t-Hitung = 7.67 lebih besar daripada nilai t-Tabel  = 1.725 atau hipotesis diterima. Dengan demikian, dapat peneliti simpulkan bahwa model model kooperatif learning tipe team game tournament terhadap hasil belajar passing bola basket di SMAN 1 Sindangwangi. Adapun saran-saran penulis ingin sampaikan adalah kepada pelatih dan guru pendidikan jasmani hendaknya menggunakan model kooperatif learning tipe team game tournament dalam melakukan proses pembelajaran dan kepada peneliti lain, untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan populasi yang digunakan lebih luas agar dapat membuktikan hasil yang lebih nyata.

Published
2020-11-11
How to Cite
Sofyan, D., Arhesa, S., & Al Fazri, M. (2020). PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 679-702. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/382