PENGARUH MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATERI FISIKA SMA

  • Maria Malita Ngao Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Maria Ursula Jawa Mukin Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Claudia Mariska M. Maing Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Petrus Ola Begu Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Tapin Yohanes Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Egidius Dewa Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Keywords: kemampuan guru, minat belajar, hasil belajar kognitif, model TGT

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) dan mengetahui adanya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar kognitif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain eksperimen one-Shot Case Study. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA3 di SMA Negeri 4 Kupang yang berjumlah 36 orang yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Instrument yang digunakan adalah lembar penilaian pengelolaan pembelajaran, angket minat belajar, tes hasil belajar kognitif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT yang mencakup tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi berada dalam kategori baik dengan perolehan rata-rata persentase masing-masing tahap yaitu 93%, 93,7%, dan 93%. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar kognitif dengan menerapkan model kooperatif tipe TGT yang dibuktikan dengan hasil analisis regresi linear sederhana menunjukan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 5,121 lebih besar dari nilai ttabel = 2,021.

Published
2020-11-11
How to Cite
Ngao, M. M., Mukin , M. U. J., Maing, C. M. M., Begu, P. O., Yohanes, T., & Dewa, E. (2020). PENGARUH MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATERI FISIKA SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 787-794. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/390