UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW)

  • Mahpudin Universitas Majalengka
  • Budi Febriyanto Universitas Majalengka
  • Triyuni Praswastanti Maulin Universitas Majalengka
Keywords: Kemampuan Menulis Karangan Narasi, Model Think Talk Write

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV di SDN Kulur I melalui penerapan model Think Talk Write (TTW). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelasĀ  dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Kulur. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes menulis, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas sebelum pemberian tindakan adalah 58 sedangkan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 28%, nilai rata-rata siklus I yaitu 69,78 dengan presentase ketuntasan belajarĀ  sebesar 48% sedangkan pada siklus II rata-rata mencapai 76,98 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Kulur Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka.

Published
2020-11-11
How to Cite
Mahpudin, M., Febriyanto, B., & Maulin, T. P. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 855-863. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/396