PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECTIVE INSTRUCTION TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR RENANG GAYA DADA

  • Sandra Arhesa Universitas Majalengka
Keywords: Directive Intruction, Renang Gaya Dada, Keterampilan Gerak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Directive Instruction terhadap keterampilan gerak dasar renang gaya dada.  Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian exsperimen,  dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi seluruh siswa ekstrakulikuler renang SD Bina Muda yang berjumlah 40 siswa, teknik pengamilan sampling yaitu menggunakan total sampling. Instrumen Penelitian yang digunakan adalah tes keterampilan gerak dasar renang gaya dada. Teknik analisis data dengan menguji rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan pengolahan dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran directive intruction terhadap keterampilan gerak dasar renang gaya dada. Saran untuk penelitian selanjutnya untuk mengkaji berbagai metode pembelajaran lainnya dengan sampel yang lebih banyak dan jenjang yang berbeda serta gunakan gaya renang selain gaya dada.

Published
2020-11-11
How to Cite
Arhesa, S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECTIVE INSTRUCTION TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR RENANG GAYA DADA . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 864-869. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/397