IMPLEMENTING RECIPROCAL TEACHING TECHNIQUE TO TEACH READING COMPREHENSION AT THE TEN GRADERS OF MA MA’ARIF SADANG

  • Hastri Firharmawan UMNU Kebumen
  • Yuniarsih UMNU Kebumen
Keywords: reciprocal teaching technique, implementasi, teks deskriptif

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah proses yang kompleks yang menuntut para guru agar kreatif demi tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implemantasi dan efektifitas dari “reciprocal teaching technique” untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca teks descriptive pada siswa kelas X di MA Ma’arif NU Sadang, Kebumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data berupa hasil test yang menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan “reciprocal teaching technique” dalam pembelajaran pada siswa kelas x MA Ma’arif NU Sadang Kebumen terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini dilakukan dengan cara melakukan modelling strategi fab four pada siklus I dan memacu siswa untuk menggunakan strategi fab four pada kelompok-kelompok kecil secara lebih mandiri pada siklus II. Peningkatan pembelajaran ditunjukkkan dengan pemerolehan nilai rata-rata hasil tes siswa yang mengalami peningkatan dari 73.9 pada siklus I dan 81.87 pada siklus II. Artinya, reciprocal teaching technique layak digunakan sebagai salah satu solusi guru untuk membantu peningkataan hasil pembelajaran siswa.

Published
2020-11-11
How to Cite
Firharmawan, H., & Yuniarsih, Y. (2020). IMPLEMENTING RECIPROCAL TEACHING TECHNIQUE TO TEACH READING COMPREHENSION AT THE TEN GRADERS OF MA MA’ARIF SADANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 895-901. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/399