MENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DI ERA KENORMALAN BARU

  • Risma Khairun Nisya Universitas Majalengka
Keywords: Keterampilan membaca, era kenormalan baru

Abstract

Peningkatan dapat diartikan adanya perubahan atau kemajuan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Kata peningkatan digunakan dalam arti positif misalnya peningkatan hasil belajar atau peningkatan keterampilan membaca. Sedangkan meningkatkan berarti  upaya atau usaha untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya, baik itu hasil belajar maupun keterampilan membaca. Keterampilan membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Keempat keterampilan berbahasa tersebut saling berhubungan yang disebut catur tunggal. Keterampilan membaca termasuk dalam keterampilan reseptif yang berarti keterampilan berbahasa ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang disampaikan baik secara lisan maupun tulisan.   Sedangkan membaca yaitu suatu aktivitas yang dilakukan oleh pembaca yang bertujuan untuk memperoleh informasi dari bahan bacaan. Makalah ini bertujuan untuk memaparkan 1) Mengapa keterampilan membaca menjadi penting di era kenormalan baru; 2) Bagaimana meningkatkan keterampilan membaca?; 3) Bahan bacaan apa saja yang dapat dibaca oleh anak-anak dalam menemani aktivitas belajar di rumah?

Published
2020-11-03
How to Cite
Nisya, R. K. (2020). MENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DI ERA KENORMALAN BARU. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 959-972. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/409