PENDEKATAN TEMATIK MODEL INTEGRATED PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Dudu Suhandi Saputra Universitas Majalengka
  • Yuyu Yuliati Universitas Majalengka
  • Budi Febriyanto Universitas Majalengka
  • Devi Afriyuni Yonanda Universitas Majalengka

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibentar 3 dengan menggunakan pendekatan tematik model integrated. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas empat Sekolah Dasar Cibentar 3, dengan total 20 siswa di kelas IV yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 tindakan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan tematik model integrated dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca di kelas IV Sekolah Dasar Cibentar 3.

Published
2020-11-03
How to Cite
Saputra, D. S., Yuliati, Y., Febriyanto, B., & Yonanda, D. A. (2020). PENDEKATAN TEMATIK MODEL INTEGRATED PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 983-994. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/411