PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Yuyu Yuliati Universitas Majalengka
  • Dudu Suhandi Saputra Universitas Majalengka
  • Budi Febriyanto Universitas Majalengka
  • Devi Afriyuni Yonanda Universitas Majalengka
Keywords: model quantum teaching, ilmu pengetahuan sosial, pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemaham siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Burujul Kulon III dengan menggunakan model quantum teaching. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas yang bekerjasama dengan guru kelas IV SD Negeri Burujul Kulon III, dengan jumlah 21 siswa di kelas IV yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial  siswa kelas IV SD Burujul Kulon III.

Published
2020-11-03
How to Cite
Yuliati, Y., Saputra, D. S., Febriyanto, B., & Yonanda, D. A. (2020). PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 995-999. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/412