MATHEMATICAL RESILIENCE DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematis, mathematical resilience

Abstract

Tujuan dari pembelajaran matematika di sekolah salah satunya adalah membekali siswanya kemampuan memecahkan masalah. Namun beberapa hasil studi terdahulu mengungkap fakta bahwa banyak siswa yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika non rutin. Kondisi ini tentunya harus menjadi perhatian para guru matematika ketika melaksanakan pembelajaran di kelas. Banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, salah satunya faktor dari dalam diri siswa yaitu ketahanan siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini merupakanĀ  penelitian deskriptif kualitatif melakukan kajian literatur mengenai mathematical resilience sebagai faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan studi penelaahan terhadapĀ  literatur yang tersedia, terutama dari artikel-artikel yang dipublikasikan dalam berbagai jurnal ilmiah yang ada hubungannya dengan mathematical resilience dan kemampuan pemecahan masalah matematika.

Published
2020-11-11
How to Cite
Nahdi, D. S. (2020). MATHEMATICAL RESILIENCE DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 1000-1009. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/413