PEMANFAATAN TEKNOLOGI MOBILE LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

  • Diki Nur’adi Rahman Universitas Majalengka
  • Dudu Suhandi Saputra Universitas Majalengka
  • Yeni Dwi Kurino Universitas Majalengka
Keywords: Mobile Learning, Pendidikan Abad 21

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi diera globalisasi cukup memberikan dampak yang luas terhadap berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali aspek pendidikan. Pendidikan abad 21 memiliki tantangan tersendiri, yaitu hendak menghasilkan sumber manusia yang memiliki kemampuan yang dikenal dengan kompetensi abad 21 seperti halnya kemampuan berfikir kritis, menguasai teknologi, dan menjaring informasi yang semakin berkembang. Kompetensi abad 21 merupakan kompetensi utama yang harus dicapai oleh siswa supaya mampu bersaing dalam kehidupan nyata, guna menghadapi era milenial sekarang ini. Pada abad 21, seorang pendidik memiliki tantangan tersendiri untuk menciptakan pembelajaran yang mencerminkan era globalisasi. Pembelajaran berbasis mobile learning bisa dijadikan sebagai alternatif pembelajaran pada abad 21 ini. Pembelajaran tersebut dapat memudahkan guru untuk membuat suasana kelas menjadi interaktif dan mampu membelajarkan siswa secara aktif. Pembelajaran berbasis mobile learning dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu materi dan juga kecakapan siswa menguasai teknologi. Bukan hanya itu, pembelajaran berbasis mobile learning juga merupakan pembelajaran yang terbilang praktis, dan simpel, karena pembelajaran tersebut tidak terpaku oleh waktu dan tempat. Artinya, pembelajaran berbasis mobile learning dapat digunakan kapan saja, dan dimana saja.

Published
2019-10-22
How to Cite
Rahman, D. N., Saputra, D. S., & Kurino, Y. D. (2019). PEMANFAATAN TEKNOLOGI MOBILE LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 357-362. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/51