MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

  • Devi Afriyuni Yonanda Universitas Majalengka
  • Ari Yanto Universitas Majalengka
  • Endah Ayu Lestari Universitas Majalengka
Keywords: Creative Problem Solving, Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Kemajuan di era globalisasi yang sangat pesat membutuhkan potensi yang dapat bersaing dengan Negara manapun. Pendidikan adalah salah satu lembaga yang membuat suatu potensi masyarakatnya dapat berkembang. Terdapat cabang ilmu pengetahuan didalamnya yakni matematika yang mengedepankan proses penyelesaian pada permasalahan siswa. Matematika berupa mata pelajaran induktif yang lebih mnegedepankan konsep angka yang harus dipecahkan dibanding definisi. Faktanya, kemampuan siswa dalam memecahkan suatu persoalan menjadi hal yang sulit untuk siswa karena perlu penyelesaian yang lebih logis tidak hanya jawaban singkat saja. Kemampuan dalam memecahkan masalah yang harus dimiliki siswa sangat diperlukan untuk menggali potensi keterampilannya dalam berkomunikasi, berfikir logis, kritis dan kreatif serta menumbuhkan rasa kepercayaan diri dan toleransi. Hal tersebut dapat membiasakan siswa dalam memecahkan persoalan yang abstrak untuk dipecahkan solusi beserta jalan pemecahannya sehingga dapat diterapkan untuk kehidupan sehari-hari. Model Creative Problem Solving (CPS) adalah model pembelajaran dari awal hingga akhir yang mngedepankan proses penyelesaian masalah berdasarkan ide/gagasan kreatifnya sendiri sehingga akan menemukan jawaban yang pasti dengan cara kerja sama tim serta akan menumbuhkan rasa toleransi dengan teman sejawat lainnya dan dapat menumbuhkan rasa kepuasaan pada diri siswa diasaat dapat menemukan jawaban dari persoalan tersebut. Model ini melatih konsep berfikir yang logis, kritis dan analitis dalam menemukan suatu jawaban yang disertai dengan bukti penyelesaiannya. Melalui penulisan yang berasal dari penyelidikan ini terdapat beberapa hasil kajian yang dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Published
2019-10-22
How to Cite
Yonanda, D. A., Yanto, A., & Lestari, E. A. (2019). MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 369-377. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/53