PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME PESERTA DIDIK DI ERA SOCIETY 5.0

STUDI KASUS DI SMP NEGERI 36 BANDUNG

  • Hanny Rahayu
Keywords: era society 5.0., blended learning, sikap nasionalisme

Abstract

Dunia pendidikan saat ini mengalami perubahan dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat dan kompleks. Saat ini sedang digaungkan era super smart society (society 5.0), dunia pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Peranan Pendidikan Kewarganegaraan di era society 5.0 memiliki tantangan dalam menyajikan pengetahuan dan keterampilan berfikir kritis, konstruktif dan inovatif serta kecerdasan sosial dalam menanamkan sikap nasionalisme kepada peserta didik sebagaimana diamanatkan dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Setelah munculnya wabah Covid-19 di Indonesia, sistem pendidikan mencari inovasi model pembelajaran untuk kegiatan belajar mengajar.. Penggunaan metode pembelajaran blended learning pada dasarnya merupakan gabungan keunggulan pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka dan secara virtual. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran penerapan model pembelajaran blended learning yang disesuaikan di era society 5.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 36 Bandung. Data dikumpulkan dengan wawancara kepada Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum dan guru bidang studi Pendidikan kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran blended learning dalam menanamkan sikap nasionalisme peserta didik dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian berjalan sangat baik

Published
2021-08-31
How to Cite
Hanny Rahayu. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME PESERTA DIDIK DI ERA SOCIETY 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 1-7. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/550