ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP SISWA SD

PEMBELAJARAN ABAD-21

  • Icha Permata Sari

Abstract

Pendidikan abad 21 ditandai dengan adanya Revolusi Industri 4.0 yang lebih dikenal dengan abad keterbukaan dan globalisasi.Pada masa ini ditandai dengan adanya kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam berbagai bidang kehidupan , termasuk pendidikan.pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat indonesia khususnya dunia pendidikan. Sehingga mendorong pemerintah untuk menerbitkan kebijakan danĀ  melaksanakan pembelajaranĀ  jarak jauh (daring). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (daring) dimasa pandemi covid-19.pada kelas IV dan VI di SD Negeri Liang Julang 1 Kadipaten. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Fenomenologi. Yang menggambarkan segala bentuk tindakan serta fenomena yang diakukan oleh subjek yang ditliti dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (daring).adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini sendiri menggunakan : observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil wawancara media pembelajaran yang digunakan seperti : Aplikasi Watshap group, Edmodo,dll. Diisertai dengan metode Ceramah, penyampaian vedeo youtube, buku paket Metode yang digunakan ialah kualitatif deskriptif.

Published
2021-08-31
How to Cite
Icha Permata Sari. (2021). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP SISWA SD . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 8-13. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/551