PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BULLETIN BOARD DISPLAY TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Fitri Nur Rani
Keywords: pembelajaran tematik bulletin board, kemampuan berbicara

Abstract

Pengembangan media pembelajaran tematik berbasis bulletin board display diharapkan dapat mengatasi masalah yang ada di sekolah yang berkaitan dengan minimnya media pembelajaran tematik yang menarik dan efektif di kelas. Bulletin board merupakan salah satu jenis media display yang berupa media pajangan atau papan buletin yang bisa ditempatkan dimana saja didalam kelas yang sifatnya terbuka sehingga bisa dibaca dan dilihat kapan saja oleh siswa meskipun materi dalam pembelajaran tertentu telah selesai dijelaskan. Penggunaan. Metode penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki 4 tahapan: (a) persiapan, (b) Pelaksanaan, (c) Observasi, dan (d) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan media pembelajaran tematik bulletin board display terlaksana dengan baik; (1) Media pembelajaran tematik bulletin board display dapat meningkatan kemampuan berbicara siswa dari siklus 1 ke siklus 2 yang terukur sebesar 64%.

Published
2021-09-01
How to Cite
Fitri Nur Rani. (2021). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BULLETIN BOARD DISPLAY TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 14-18. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/554