PENDEKATAN ECOPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA

  • Irawati Pradifta
  • Yeni Suryaningsih
  • Ipin Aripin
Keywords: Ecopreneurship, Kreativitas

Abstract

Artikel ini merupakan literatur review mengenai penerapan pendekatan ecopreneurship untuk meningkatkan kreativitas siswa. Pendidikan yang berbasis lingkungan merupakan salah satu cara pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kesadaran siswa dalam menjaga serta memberdayakan alam dengan baik. Strategi pembelajaran melalui pendekatan lingkungan mampu menanamkan cinta terhadap alam serta dapat memecahkan masalah lingkungan sekitar. Ecopreneurship yaitu sebuah entrepreneurship yang mengacu pada aktifitas usaha dengan kegiatan yang memberikan manfaat dan memberikan perhatian lebih dan khusus terhadap kelestarian lingkungan. Kreativitas adalah kemauan, keinginan atau semangat untuk melakukan eksplorasi, mempertanyakan dan melakukan eksperimen terhadap berbagai objek, peristiwa dan situasi yang ada di lingkungan. Penerapan pendekatan ecopreneurship dengan cara membuat suatu produk dari limbah menunjukkan pembelajaran berwawasan lingkungan atau kata lain ecopreneurship dapat meningkatkan motivasi wirausaha dan kretivitas siswa. Melalui ecopreneurship dalam pembelajaran biologi, proses belajar tidak lagi berorientasi pada banyaknya materi pelajaran tetapi lebih fokus pada kecakapan dan respon siswa pada saat pembelajaran. Sehingga siswa lebih termotivasi untuk dapat berkreasi dan berinovasi membuat suatu produk yang bernilai ekonomi dengan memperhatikan lebih dan khusus pada kelestarian lingkungan.

Published
2021-08-01
How to Cite
Irawati Pradifta, Yeni Suryaningsih, & Ipin Aripin. (2021). PENDEKATAN ECOPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 56-59. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/560