PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA GURU SMK DI JAKARTA TIMUR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Jakarta Timur. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan survey dengan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis jalur. Populasi pada penelitian ini adalah 75 guru dengan menggunakan teknik slovin sehingga didapat sampel sebesar 63 guru. Instrumen penelitian ini menggunakan angket tertutup berdasarkan skala likert. Pengujian hipotesis dilakukan berdasarkan uji-t, uji-F, dan Uji Koefisien determinasi. Hasil diperoleh beberapa kesimpulan: (1) Kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja berpengaruh positif, (2) Komunikasi Interpersonal dan kinerja berpengaruh positif, (3) kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal berpengaruh positif secara simultan terhadap kinerja.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.