KESIAPAN MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA NEW NORMAL

  • Setia Budi
  • Nurhastuti, Iga Setia Utami
  • Nurul Lathifa Wulandari
  • Rehan Nil Jannah
Keywords: Kesiapan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus, Pembelajaran Daring, Era New Normal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan mahasiswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran daring di era new normal yang meliputi kesiapan dalam mengikuti pembelajaran daring, kesiapan dalam menggunakan media pembelajaran daring, dan kebutuhan dan harapan mahasiswa berkebutuhan khusus terkait pembelajaran daring. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa berkebutuhan khusus yang menempuh pendidikan di Jurusan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa berkebutuhan khusus memiliki motivasi tinggi untuk dapat mengikuti pembelajaran daring hingga mengerjakan tugas secara tepat waktu. Tidak hanya itu, dari segi kesiapan sarana mahasiswa berkebutuhan khusus tidak banyak mengalami kendala. Meskipun demikian, masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran daring ini bagi mahasiswa dengan hambatan pendengaran (tunarungu) dan penglihatan (tunanetra). Namun mahasiswa berkebutuhan khusus juga tidak ragu untuk bertanya dan meminta tolong jika mereka mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran daring.

Published
2021-08-31
How to Cite
Setia Budi, Nurhastuti, Iga Setia Utami, Nurul Lathifa Wulandari, & Rehan Nil Jannah. (2021). KESIAPAN MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA NEW NORMAL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 67-71. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/563