PERAN MEDIA BIG BOOK DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR

  • Tanty Anissa Ramdhani
  • E. Kosmajadi
  • Sigit Vebrianto Susilo
Keywords: Keterampilan Membaca Permulaan, Media Big Book

Abstract

Keterampilan membaca khususnya di Sekolah Dasar (SD) dibagi menjadi kelas rendah (kelas I– III) dan kelas tinggi (kelas IV–VI). Pembelajaran membaca pada kelas rendah disebut pembelajaran membaca permulaan. Membaca permulaan bertujuan mengenalkan peserta didik pada huruf-huruf dalam abjad, tanda suara atau tanda bunyi, melatih keterampilan peserta didik untuk mengubah huruf-huruf dalam kata menjadi suara, dan memberikan pengetahuan huruf-huruf dalam abjad. Merujuk pada permasalahan yang terdapat pada proses membaca permulaan yakni masih terdapat peserta didik yang kesulitan dalam membedakan huruf, pembendaharaan kata masih kurang, kesulitan dalam merubah huruf menjadi kata, merubah kata menjadi kalimat sederhana. Salah satu usaha yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah dalam membaca permulaan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran, salah satunya adalah media pembelajaran big book. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian yakni ingin mengetahui: (a) Peran media pembelajaran Big Book dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan dan (b) faktor yang mempengaruhi pembelajaran Bahasa Indonesia dalam aspek keterampilan membaca permulaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawacara, dan dokumentasi. Pengolahan data yang digunakan adalah kualitatif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Published
2021-09-01
How to Cite
Tanty Anissa Ramdhani, E. Kosmajadi, & Sigit Vebrianto Susilo. (2021). PERAN MEDIA BIG BOOK DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 77-82. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/565