PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

  • Dede Delita
  • Abdur Rasyid
  • Muhamad Kurnia Sugandi
Keywords: POE, Berpikir Kritis

Abstract

Pendidikan merupakan bagian dari proses pembangunan nasional yang mempunyai peranan sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan dilaksanakan dalam bentuk proses belajar mengajar. Kegiatan pembelajaran di kelas tidak terlepas dari aktivitas belajar siswa. Situasi yang memungkinkan terjadinya kegiatan pembelajaran yang optimal adalah suatu situasi dimana siswa dapat berinteraksi dengan komponen lain secara optimal dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Proses pembelajaran khususnya IPA tidak cukup dilaksanakan dengan menyampaikan informasi tentang konsep saja, tapi juga harus memahami proses terjadinya fenomena IPA dengan melakukan pengindraan melalui kegiatan demonstrasi dan eksperimen. Oleh karena itu pembelajaran IPA semestinya dirancang sedemikian rupa agar peserta didik aktif  dan dapat  berpikir kritis ketika mengikuti kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini Peranan guru bukan semata-mata memberikan informasi, melainkan juga mengarahkan dan memberi fasilitas belajar (directing and facilitating the learning) agar proses belajar lebih memadai. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif dan berpikir kritis dengan tetap memunculkan karakteristik IPA yaitu siswa mampu mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya dengan pembuktian secara ilmiah adalah dengan menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Obiserve-Explain). Model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) dikembangkan untuk menemukan kemampuan memprediksi siswa dan alasan mereka dalam membuat prediksi tersebut mengenai gejala sesuatu yang bertujuan untuk mengungkap kemampuan siswa dalam melakukan prediksi.

Published
2021-08-01
How to Cite
Dede Delita, Abdur Rasyid, & Muhamad Kurnia Sugandi. (2021). PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 93-97. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/567