PENTINGNYA MODEL CORE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPA

  • Resti Nasriyanti
  • Ujiati Cahyaningsih
  • Dede Salim Nahdi
Keywords: Model CORE, Pembelajaran IPA, Pemahaman Konsep

Abstract

Mata pelajaran IPA mengarahkan siswa untuk memperoleh pemahaman yang mendalam terhadap alam sekitar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian yan telah dilakukan menunjukan bahwa faktor penyebabnya karena penyampaian materi masih bersifat konvensioanl, terlihat dari proses pembelajaran masih berpusat pada buku dan penggunaan model yang kurang tepat dimana siswa hanya menerima suatu informasi yang disampaikan oleh guru dan siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa kurang antusias pada proses pembelajaran dan mengalami kesulitan dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Tujuan penulisan karya tulis ini untuk menjadikan bahan acuan bagi para pendidik untuk mengeksplore lagi model pembelajaran agar pembelajaran lebih efektif dan menarik salah satunya dengan penerapan model pembelajaran CORE (Connecting Organizing Reflecting Extending). Model CORE merupakan salah satu model pembelajran inovatif yang menuntut adanya kerjasama antar siswa dalam memecahkan permasalahan yang terjadi. Model CORE membantu guru dalam mengembangkan pemahaman konsep siswa dan tercipta pembelajaran IPA yang aktif, efektif dan bermakna.

Published
2021-08-31
How to Cite
Resti Nasriyanti, Ujiati Cahyaningsih, & Dede Salim Nahdi. (2021). PENTINGNYA MODEL CORE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 104-110. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/569