KEKELIRUAN MAHASISWA DALAM MENULIS ARTIKEL ILMIAH: STUDI KASUS DALAM MATA KULIAH ACADEMIC READING AND WRITING

  • Titin Kustini
Keywords: mahasiswa, kekeliruan, artikel, academic writing

Abstract

 

Mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat akademisi dituntut untuk bisa berpartisipasi dalam dunia keilmuan dengan mampu menulis artikel ilmiah sehingga mata kuliah Academic Reading and Writing termasuk ke dalam mata kuliah yang diajarkan dalam KKNI. Namun meski pun secara teori mahasiswa dibekali dengan ilmu penulisan artikel ilmiah, dalam prakteknya tetap saja terdapat kekeliruan yang muncul. Sebanyak 19 mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa mahasiswa masih terjebak pada genre selain academic writing. Hanya 68,4% yang benar-benar menulis artikel karya ilmiah, 15,8% mengarah ke procedure text, 10,5% mengarah ke news item dan 5,3% ke recount. Sedangkan untuk membuat judul artikel, 63,2% membuat judul yang sesuai dengan karakteristik academic writing sedangkan 36,8% kurang sesuai, lebih cenderung ke news. Dari segi punctuation, 84,2% sudah bagus. Hanya 15,8% yang masih memerlukan perbaikan. Dilihat dari segi penulisan sitasi baik dari jurnal atau pendapat para ahli, 36,8% masih kurang mencantumkan sitasi, bahkan 15,8% sama sekali tidak mencantumkan sitasi dan hanya berargumen dengan paparannya sendiri. Sedangkan 47,4% sudah mencantumkan sitasi dengan cukup bagus baik dari jumlah sitasi maupun keterkaitan dengan pembahasan masalah. Dengan demikian, mahasiswa perlu terus banyak berlatih agar benar-benar mampu menghasilkan karya ilmiah yang berbobot dan memenuhi semua kriteria karya ilmiah yang baik.

Published
2021-08-01
How to Cite
Titin Kustini. (2021). KEKELIRUAN MAHASISWA DALAM MENULIS ARTIKEL ILMIAH: STUDI KASUS DALAM MATA KULIAH ACADEMIC READING AND WRITING. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 111-117. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/570