EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN ECOLA (EXTENDING CONCEPT THROUGH LANGUAGE ACTIVITIES) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN

  • Windi Atika Mailasari
  • Yoyo Zakaria Anshari
  • Budi Febrianto
Keywords: Metode ECOLA, Keterampilan Membaca Pemahaman

Abstract

Keterampilan berbahasa memiliki empat aspek yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis yang saling berkaitan, oleh sebab itu, satu diantara empat ketermpilan berbahasa yang penting bagi siswa sekolah dasar yakni membaca. Keterampilan membaca pemahaman siswa di lapangan tergolong rendah, masih banyak siswa yang sulit memahami informasi teks bacaan. Permasalahan tersebut perlu alternatif percobaan yang dapat mempengaruhi  tingkat pemahaman siswa dalam membaca, yakni dengan menggunakan Metode ECOLA dengan menampilkan vedeo animasi pendek. Metode ECOLA merupakan  metode pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menginterpretasikan dan memonitor pemahamannya atas isi bacaan. Keterampilan  membaca pemahaman adalah kegiatan membaca yang berusaha memahami isi bacaan/teks secara menyeluruh. Dengan demikian tujuan pembelajaran akan tercapai apabila guru mampu menggukan metode pembelajaran dengan baik.

Published
2021-08-31
How to Cite
Windi Atika Mailasari, Yoyo Zakaria Anshari, & Budi Febrianto. (2021). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN ECOLA (EXTENDING CONCEPT THROUGH LANGUAGE ACTIVITIES) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 123-128. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/572