PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATEMATIKA DI KELAS V

  • Atih Susandri
Keywords: Motivasi dan Hasil Belajar,Model Problem Solving.

Abstract

Pendidikan berfungsi untuk mengembangakan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Proses pembelajaran perlu mendapatkan perhatian serius untuk mencapai tujuan pembelajaran dan hasil yang sesuai. Salah satu masalah dalam pendidikan formal adalah masih rendahnya daya serap siswa hal ini dikarenakan pembelajaran masih bersifat konfensional dan tidak dapat menyentuh ranah peserta didik. Meskipun demikian guru pada saat ini masih menggunakan metode pembelajaran konfensional dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental pada materi pembelajaran matematika. Dengan adanya penggunaan model pembelajaran problem solving ini diharapkan dapat mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. Model pembelajaran problem solving merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyampaikan pembelajaran kepada siswa. Model problem solving cocok digunakan dalam proses pembelajaran dikarenakan problem solving menuntut keterampilan dan kemampuan siswa berfikir lebih aktif. Dalam hal ini pembelajaran dapat berjalan efektif dengan adanya metode dan model pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan adanya motivasi dapat mendorong siswa agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Dengan kata lain model problem solving ini dapat dijadikan sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Published
2021-09-02
How to Cite
Atih Susandri. (2021). PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATEMATIKA DI KELAS V. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 129-132. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/573