ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN LANGKAH POLYA

  • Naela Dhiyaul Fitri
  • Erik Santoso
  • Mohamad Gilar Jatisunda
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis, Langkah Polya

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh
siswa agar mampu secara matematis memecahkan masalah yang sering dijumpainya. Polya mengajukan
empat langkah penyelesaian masalah yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian,
menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan langkah Polya. Metode penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Permasalahan yang ingin dikaji yaitu
menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan langkah Polya. Hasil analisis
didapat bahwa siswa dengan kemampuan tinggi dapat melakukan langkah Polya dengan baik. Siswa
dengan kemampuan sedang hanya mampu melakukan langkah Polya secara maksimal sampai di langkah
membuat rencana. Sedangkan untuk siswa kemampuan rendah masih mengalami kesulitan dalam
memecahkan masalah berdasarkan langkah Polya. Sehingga untuk memudahkan siswa memecahkan
masalah matematis dapat menggunakan langkah Polya. Karena penyelesaian dengan menggunakan
langkah Polya sangat efektif, dapat mempermudah penyelesaian masalah, mengurangi kesalahan yang
dilakukan, dan memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang sudah
dimiliki

Published
2021-09-02
How to Cite
Naela Dhiyaul Fitri, Erik Santoso, & Mohamad Gilar Jatisunda. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN LANGKAH POLYA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 155-165. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/578