PENTINGNYA MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) DALAM PEMBELAJARAN IPA

  • Ana Fitria Dewi
  • Ani Rosidah
  • Ani Rosidah
  • Wina Dwi Puspitasari
Keywords: Pembelajaran IPA, model POE (Predict, Observe, Explain)

Abstract

Proses pembelajaran IPA menghendaki siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran seperti melakukan percobaan, pembuktian dan pengamatan, sehingga siswa akan memperoleh pengalaman langsung dari proses pembelajaran tersebut. Tujuan artikel ini untuk mengetahui pentingnya model POE (Predict, Observe, Explain) dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menggunakan sumber-sumber yang mendukung penelitian. Hasil kajian menunjukan bahwa salah satu model pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif dengan tetap memunculkan karakteristik IPA yaitu siswa mampu mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya dengan pembuktian secara ilmiah adalah dengan menggunakan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain). Melalui medel pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) siswa akan melakukan 3 tahap dalam proses pembelajaran yaitu memprediksi, mengobservasi dan menjelaskan dari materi yang dipelajari

Published
2021-09-03
How to Cite
Ana Fitria Dewi, Ani Rosidah, Ani Rosidah, & Wina Dwi Puspitasari. (2021). PENTINGNYA MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) DALAM PEMBELAJARAN IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 166-169. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/579