PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

  • Popon Patimah
  • Ipin Aripin
  • Aden Arif Gaffar
Keywords: E-learning, Google Classroom, Keterampilan Berpikir Kiritis

Abstract

Artikel ini merupakan literatur review mengenai penggunaan e-learning berbasis Google Classrom terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Di saat pandemi seperti sekarang ini proses pembelajaran tatap muka tidak bisa dilaksanakan. Disisi lain ketika aktifitas pembelajaran tatap muka ditunda, maka permasalahan yang terjadi adalah interaksi pembelajaran antara guru dengan peserta didik akan terhambat karena tidak adanya aktifitas tatap muka. Salah satu strategi dalam permasalahan tersebut adalah penerapan pembelajaran online. Salah satu metode pembelajaran online yang saat ini banyak digunakan adalah melalui pembelajaran online berbasis Google Classroom. Google classroom adalah aplikasi khusus yang digunakan untuk pembelajaran online yang dapat dilakukan dari jarak jauh sehingga memudahkan guru untuk membuat, mengelompokkan dan membagikan tugas selain itu guru dan peserta didik bisa setiap saat melakukan kegiatan pembelajaran melalui kelas online Google Classroom dan peserta didik nantinya juga dapat belajar, menyimak, membaca dan mengirim tugas dari jarak jauh. Tidak hanya untuk menyampaikan konsep/materi seperti biasanya penggunaan Google Classroom yang dipadukan dengan berbagai flatform media lain seperti video, animasi, virtual laboratory dan kuis interaktif yang menarik dapat membangun minat dan keterampilan berpikir siswa. Salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang harus dikuasai oleh siswa adalah keterampilan berpikir kritis yang merupakan basic bagi pengembangan berpikir tingkat tinggi yang lain. Penggunaan E-learning berbasis Google Classroom yang diintegrasikan dengan multimedia dapat merangsang keterampilan berpikir kritisi siswa hal ini karena media tersebut dapat memfasilitasi proses berpikir siswa melalui proses kontruksi dan interpretasi terhadap informasi yang disediakan dalam proses pembelajaran.

Published
2021-09-03
How to Cite
Popon Patimah, Ipin Aripin, & Aden Arif Gaffar. (2021). PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 170-178. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/580