PENDEKATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA KONSEP VIRUS

  • Neti Fihani

Abstract

Pendekatan Socio-scientific Issues (SSI) ini dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di sekolah karena dalam pembelajaran Socio-scientific Issues (SSI) integrasi dilakukan terhadap konsep-konsep sains yang memiliki dampak pada kehidupan masyarakat (Widia, dkk., 2018:125). Rumusan masalah penelitian : Penerapan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Socio-scientific Issues (SSI) pada materi sistem pencernaan, respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Socio-scientific Issues (SSI) pada materi virus. Tujuan penelitian Untuk mendeskripsikan Penerapan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Socio-scientific Issues (SSI) pada materi virus, Untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan pendekatan Socio-scientific Issues (SSI). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian eksperimen diartikan sebagai pendekatan penelitian kuantitatif yang paling penuh, artinya memenuhi semua persyaratan untuk menguji hubungan sebab akibat. Sugiyono (2012:107). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Instrumen dalam penelitian dengan tes essay dan observasi langsung. Menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh terdapat peningkatan yang cukup signifikan terhadap kemampuanberpikir kritis setelah penerapan Pendekatan Socio-scientific Issues (SSI) pada siswa SMA. Simpulan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan model pembelajaran biologi pada konsep sistem pencernaan sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran

Published
2021-09-03
How to Cite
Neti Fihani. (2021). PENDEKATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA KONSEP VIRUS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 186-192. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/583