LITERASI SAINS PADA BUKU TEKS TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013

  • Erlian Martiasari
  • Ani Rosidah
Keywords: literasi sains, buku teks, kurikulum 2013

Abstract

Kemampuan literasi sains penting dimiliki siswa dalam memahami lingkungan hidup maupun dalam hal memecahkan masalah. Buku teks menjadi salah satu upaya dalam pembangunan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana aspek literasi sains yang terdiri dari sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan (Science as abody of knowledge), sains sebagai jalan untuk menyelidiki (Science as away of Investigating),  sains sebagai cara berpikir (Science as away of thinking), dan Interaksi sains, teknologi dan masyarakat (Interaction of science, technology, and society) yang disajikan dalam buku guru. Sumber data penelitian adalah buku tematik guru kelas V SD. Metode yang digunakan untuk pengkajian ini yaitu studi literatur. Data yang diperoleh dikompulasi, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan. Kesimpulan dari kajian ini yakni buku teks menjadi sumber pembelajaran yang paling banyak digunakan guru dan siswa, namun tidak buku teks yang hanya terbatas pada konten IPA, tidak diikuti dengan konteks dan proses, sehingga persentase aspek literasi sains tidak seimbang pada keempat aspeknya. Aspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan memiliki persentase tertinggi dari ketiga aspek lainnya. Sedangkan Interaksi sains, teknologi dan masyarakat memiliki persentase yang sangat rendah

Published
2021-09-03
How to Cite
Erlian Martiasari, & Ani Rosidah. (2021). LITERASI SAINS PADA BUKU TEKS TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 193-197. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/584