PENGARUH PBL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI IPA SISWA KELAS V SD

  • Sarimuddin
  • Muhiddin
  • Evi Ristiana
Keywords: Berpikir Kritis, Kognitif, PBL

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh positif yang signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Pretest Posttest Control Group Design yang termasuk ke dalam jenis penelitian true experiment. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan data kemampuan kognitif siswa termasuk kelompok data parametrik sehingga diuji dengan Independent Sample T-Test dan keterampilan berpikir kritis siswa termasuk kelompok data nonparametrik sehingga diuji dengan Mann-Whitney masing-masing diperoleh nilai signifikansi 0,04 dan 0,04 atau lebih kecil dari 0,05, yang berarti hipotesis diterima. Melalui uji lanjut Wilcoxon sebagai uji perbandingan rank pretest-posttest antara kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan bahwa nilai signifikansi kelas eksperimen baik kemampuan kognitif maupun keterampilan berpikir kritis siswa masing-masing 0,00 dan 0,00 atau lebih kecil dari 0,05, dan termasuk lebih kecil dibandingkan signifikansi kelas kontrol yang masing-masing sebesar 0,11 dan 0,03 yang berarti hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif secara signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa.

Published
2021-09-03
How to Cite
Sarimuddin, Muhiddin, & Evi Ristiana. (2021). PENGARUH PBL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI IPA SISWA KELAS V SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 198-208. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/585