ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS 7 MTS DARUL HIDAYAH

  • Abdul Jalil
  • Furry Styo Siskawati
Keywords: Berfikir kritis, penyelesaian soal cerita matematika

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh hasil observasi yang dilakukan peneliti dengan permasalahan kurangannya
kemampuan berfikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini
adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penilitian ini dipilih bedasarkan soal tes yang diberikan kepada siswa,
yang mana subjek penilitian ini meliputi delapan siswa dan siswi kelas VII MTs Darul Hidayah dengan indikator
yang digunakan kemampuan berpikir kritis siswa adalah memahami masalah, dan kemampuan memberikan
keputusan atau tindakan. Instrumen tes yang digunakan terdiri dari 2 butir soal cerita berbentuk uraian kemampuan
berpikir kritis pada materi Bilangan Bulat disertai dengan wawancara kepada siswa. Hasil penelitian yang diperoleh
untuk indikator memahami masalah presentasenya adalah 37,5% dan untuk indikator mengambil
keputusan atau tindakan presentasenya adalah 25%. Karena dari masing-masing indikator presentasenya
kurang dari 50% maka dapat disimpulkan bahwa baik siswa laki-laki maupun siswa perempuan kelas VII MTs
Darul Hidayah memiliki daya berfikir kritis dalam menyelesaikan soal cerita matematika sangat rendah. Hasil
penelitian ini semoga bermanfaat bagi pendidik agar lebih meningkatkan proses belajar mengajar agar siswa mampu
berfikir kritis dalam menyelesaikan soal cerita lebih baik lagi.

Published
2021-09-03
How to Cite
Abdul Jalil, & Furry Styo Siskawati. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS 7 MTS DARUL HIDAYAH. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 214-220. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/590