PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

  • E. Kosmajadi
  • Ari Yanto
  • Elina
Keywords: round club, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran round club, hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas IV SDN Karangtumaritis I
Kabupaten Indramayu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang
tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 71. Penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25
siswa dengan objek penelitian adalah model pembelajaran round club dan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPS. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik
pengumpulan data menggunakan data hasil observasi, dokumentasi dan studi kasus. Prosedur
penelitian melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengetahui hasil
belajar siswa ditentukan dengan rumus ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Indikator
keberhasilan penelitian ini adalah ketuntasan belajar secara individual dengan nilai minimum 71,
dan ketuntasan klasikal sekurang-kurangnya 85%. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.
Pada siklus 1 ketuntasan klasikal mencapai 48% pada siklus 2 mencapai 88%. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran round club dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Karangtumaritis I Kabupaten Indramayu.

Published
2021-09-03
How to Cite
E. Kosmajadi, Ari Yanto, & Elina. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 215-221. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/593