STUDI LITERATUR: TEKA TEKI SILANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

  • Nisa Amalia
  • Ujiati Cahyaningsih
  • Yeni Dwi Kurino
Keywords: Teka teki silang, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Dalam suatu pembelajaran, banyak masalah yang dijumpai oleh seorang guru. Misanya, kurangnya sarana prasarana sekolah, alat bantu yang kurang memadai, bahan ajar yang kurang lengkap, hingga masalah yang muncul dari siswa itu sendiri seperti kurangnya motivasi, kurangnya minat belajar, hingga hasil belajar yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal menjadi momok yang harus segera ditangani. Salah satu masalah yang menyebabkan rendahnya kualitas sumber daya manusia adalah hasil belajar yang rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa solusi, diantaranya dengan menerapkan media yang bisa meningkatkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi pembelajaran, media yang bisa menumbuhkan semangat, dan mempermudah siswa untuk lebih memahami, menghapal sebuah konsep materi. Media teka teki silang bisa dijadikan media yang dipilih untuk mengatasi hal tersebut. Teka teki silang dipilih karena media ini sudah tidak asing bagi siswa siswi karena banyak dijumpai di kabar berita, koran maupun majalah, dan penggunaan media ini yang relative mudah digunakan, sehingga siswa akan tertantang dengan media ini. Media teka teki silang lebih jelasnya merupakan sebuah kotak kotak berwarna yang terdiri atas dua lajur yaitu mendatar (kumpulan kotak yang membentuk satu baris dan beberapa kolom) dan menurun (kumpulan kotak yang membentuk satu kolom dan beberapa baris). Pada penulisan ini ingin mengetahui : 1) Apa manfaat penerapan media teka teki silang bagi siswa, 2) Bagaimana  penerapan teka-teki silang untuk meningkatkan hasil belajar IPA di sekolah dasar. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder metode pengumpulan data adalah studi pustaka. Metode yang akan digunakan dalam pengakajian ini adalah studi literatur. 

Published
2021-09-04
How to Cite
Nisa Amalia, Ujiati Cahyaningsih, & Yeni Dwi Kurino. (2021). STUDI LITERATUR: TEKA TEKI SILANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 238-241. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/597