STUDI LITERATURE: TIK TOK SEBAGAI MEDIA KREATIF DALAM PENGAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR

  • Helena Fransiska L
  • Yoyo Zakaria Anshari
  • Dudu Suhandi Putra
Keywords: Tik Tok, Pembelajaran Online

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan masyarakat terpaksa mengurangi aktivitas berinteraksi langsung demi memutus rantai penularan virus, termasuk aktivitas pendidikan. Sekolah hanya bisa melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar secara daring. Menerapkan pembelajaran daring merupakan solusi untuk proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19. Keadaan seperti ini mustahil pendidik untuk tidak menggunakan media digital guna menyampaikan informasi dan materi pembelajaran kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan Media Sosial TikTok sebagai media kreatif dalam pembelajaran daring akibat dari pandemi Covid-19. Salah satu strategi pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas guru dan menciptakan suasana pembelajaran daring yang menyenangkan adalah dengan menggunakan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran. Melaui media sosial TikTok pembelajaran daring diyakini mampu memotivasi siswa dalam belajar dan memudahkan guru dalam membuat bahan materi untuk dijadikan konten atau video serta mengembangkan kreativitas guru dalam mengemas materi pembelajaran.

Published
2021-09-04
How to Cite
Helena Fransiska L, Yoyo Zakaria Anshari, & Dudu Suhandi Putra. (2021). STUDI LITERATURE: TIK TOK SEBAGAI MEDIA KREATIF DALAM PENGAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 242-247. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/598