PENGARUH PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELS IV SEKOLAH DASAR

  • Sulfiyah
  • Ujiati Cahyaningsih
Keywords: Kata Kunci :Metode Praktikum, Prestasi Belajar

Abstract

Permasalahannya ada pada kurangnya penggunaan metode dalam proses pembelajaran IPA, akibatnya peserta didik tidak dapat melihat contoh konkrit pada materi yang disampaikan. Dalam pembelajaran IPA dibutuhkan metode yang tepat dalam penyampaiannya. Salah satu metode yang paling tepat digunakan dalam pembelajaran IPA adalah metode praktikum, karena metode praktikum membuat para siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran. Siswa akan mendapatkan prestasi yang baik, jika selama proses pembelajaran dapat memahami materi dengan baik. Keberhasilan memahami materi sangat dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan guru. Ketika siswa ikut berpartisispasi aktif, baik itu aktif mental, aktif fisik, maupun aktif sosial, kesempatan untuk memahami materi akan semakin besar bagi siswa. Keberhasilan juga dapat diperoleh dari proses pembelajaran, jika proses pembelajaran tersebut sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Artinya segala aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran tetap berorientasi pada tujuan pembelajaran. sebagai mana uraian diatas jika guru menggunakan metode praktikum dalam pembelajaram IPA maka akan memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa.

Published
2021-10-06
How to Cite
Sulfiyah, & Ujiati Cahyaningsih. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 271-275. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/606